Minggu, 18 September 2011

Pengaruh game online terhadap daya pikir manusia

Oke, kita mulai bahas aja nih tentang pengaruh game onli terhadap daya pikir manusia check this out.
Jika kita bermain game online di game center atau di computer kita bisa dapat berbagai macam keuntungan tapi juga ada kerugiannya. Dalam permainan game itu seperti Contohnya: dalam game Dota, Warcraft kita harus berpikir kreatif untuk melakukan strategi-strategi untuk membuat Char kita di dalam game itu menjadi kuat dan juga gesit sepeti dengan cara diberi aksesoris, dibelikan peralatan agar char kita menjadi hebat dan juga dapat mengalahkan musuh, selain itu ini adalah tipe permainan 5 vs 5 jadi selain kita sendiri harus kuat kita juga harus bisa bekerja secara kelompok, butuh kekompakan, saling menolong jika kita sedang diserang dan juga harus menyerang bersama sama agar musuh cepat mati lalu kita bisa menghancurkan markas musuh agar kita dapat memenangkan permainan tersebut. Nah dari ilustrasi tersebut maka selain memberi kesenangan kita bisa berinteraksi dengan orang lain di berbagai daerah yang ada di Indonesia, dan melatih untuk berpikir kreatif agar dapat membuat diri menjadi yang paling hebat, kekompakan tim, dan juga berusaha untuk memecahkan masalah dan juga mengalahkan musuh. Maka para Gamers sangat beruntung karena dapat banyak sekali keuntungan jika kita bermain game online, tetapi dilain itu jg ada dampak buruknya seperti, kita jadi ketagihan bermain dan juga boros uang untuk main game tersebut.

Pengaruh Positif bermain Game online :

• Melalui jaringan internet, memungkinkan pemain untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bukan hal langka lagi ketika seorang pemain permainan daring menjalin hubungan pertemanan bahkan berpacaran.
• Permainan game online seringkali menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu singkat sehingga permainan yang tepat dapat melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang. Hasil penelitian University of Rochester di New York, Amerika menyebutkan bahwa para pemain memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali.
• Permainan Game Online jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha game centre, berjualan voucher permainan, atau bahkan melakukan transaksi jual beli melalui permainan.

Selain mempunyai dampak positif, game online juga mempunyai dampak negatif bagi penggunanya. Berikut contohnya :

• Sosialisasi fisik berkurang, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.
• Permainan daring dimainkan melalui komputer, yang mengeluarkan spektrum cahaya yang dapat merusak mata jika dipandangi terus-menerus tanpa istirahat.
• Beberapa permainan daring memerlukan biaya untuk memainkannya, misalnya dalam kategori permainan pay-to-play atau sekedar biaya penyewaan komputer di warnet atau game centre. Apabila tidak diorganisir dengan baik, permainan daring dapat menghabiskan biaya cukup besar.
• Permainan daring dapat mengacaukan manajemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak kasus di mana pemain yang kecanduan permainan daring bermain hingga lupa waktu dan melalaikan segala tanggung jawab dan pekerjaannya di dunia nyata, seperti bolos sekolah.

Nah disini ane juga akan ngasih tau tips - tips kalau sedang bermain game online nih gan. Perhatikan baik - baik ya gan.
1. Mainlah game online dengan posisi duduk dan memegang mouse yang benar ( kesehatan itu penting )
2. Mainlah sesuai dengan Duid yang kita miliki, jika sudah menipis jangan terlalu memaksakan diri untuk bermain ( Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin )
3 .Jangan terlalu Over jika kita bermain game Online secukupnya saja karena game Online Semata hanya Untuk membuat Pikiran refreshing dan mengisi waktu luang ketika liburan.
4. Jangan berkata-kata kasar. Nah ini gw sebagai Gamers juga turut prihatin pada para banyak gamers yg ada di Gamenet. Karena jika Permainan/Karakter para Gamers kalah/mati sering sekali Mengucap kata-kata kasar, Tidak sopan, Nama" Hewan.
( Ingat gan berkata-kata kasar itu dosa, dan juga tidak etis )
5.Jika capek ya sebaiknya istirahatlah sebentar dengan cara Meregangkan otot leher, tangan, jari, punggung, dan juga kaki.
6. Jangan lupa untuk mengisi perut gan, biasanya para gamers yang udah kecanduan game online suka lupa untuk mengisi perutnya. ( termasuk ane juga sih -,-" ).

Hmmmmm, Ok deh kayanya cukup sampai disini dulu gan post ane yg ini. Untuk kesimpulannya agan dapat melihan yg dibawah ini :

Berdasarkan pembahasan yang telah ane tulis, dapat diambil kesimpulan bahwa bermain game online itu bisa menjadi suatu yang bermanfaat tetapi juga bisa menjadi sesuatu yang merugikan, tergantung dari manusianya itu sendiri. Kita sebagai manusia seharusnya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dan juga harus bisa mengatur keinginan untuk bermain game online terus. Kita bermain game online hanya sebagai hiburan di waktu luang saja dan juga di saat liburan. Karena jika kita bisa mengatur ketika bermain game online maka game online itu mendatangkan banyak keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan semakin sedikit karena sudah kita tanggulani. Jadi bermain game online adalah permainan yang sangat menyenangkan dan juga menguntungkan jika kita bias mengaturnya sedemikian rupa. Salam Gamers gan !! btw di sukabirus susah banget nyari warnet game online -.-"



sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar